//
you're reading...
Liputanku

Sanlat Ramadhan Ceria SMP PGRI I Ciawi

Ngadain sanlat, selalu jadi agenda rutin sekolah. Seperti yang dilakukan oleh staf dan guru di SMP PGRI I Ciawi. Tapi untuk Ramadhan 1429 H ini, pihak guru pengen ngadain sanlat yang sedikit ‘beda’. Biar ada pengalaman baru dan nilai lebih yang bisa diperoleh siswa selama ngikutin sanlat.

Karena itulah pihak sekolah ngadain kerjasama dengan buletin remaja BUKAMATA. Dengan mengambil tema ‘From Ramadhan With Love”, sanlat digelar dari tanggal 22-23 September 2009 mulai jam 8 pagi sampe jam 12 siang. Berhubung tempatnya terbatas, peserta pun dibagi menjadi tiga shift. Hari pertama diikuti oleh siswa/I kelas IX. Hari kedua diikuti siswa/I kelas VII. Dan Hari ketiga diikuti siswa/i kelas VII.

Hari pertama, siswa kelas IX memadati ruangan sanlat. Sanlat dibuka oleh Bpk. Endang Hilman selaku perwakilan dari sekolah. Selanjutnya, pemateri I diisi oleh Kang Hendra yang menyajikan permasalahan remaja yang kian gawat. Disambung pemateri II oleh Gus Uwik yang membawakan materi tentang motivasi hidup. Hari pertama sanlat ditutup oleh banjir airmata peserta saat sesi muhasabah. Sekaligus ikrar peserta untuk menjadi remaja sholeh dan sholehah.

Hari kedua, peserta siswa kelas VIII gak kalah banyaknya. Materi pertama yang mengajak peserta untuk lebih pede sebagai seorang muslim dibawakan dengan baik oleh Kang Hadi. Dilanjutkan dengan materi pelatihan untuk melejitkan potensi menulis yang disampaikan oleh kang Hafidz. Peserta yang sangat aktif lumayan bikin panitia kewalahan.

Hari terakhir, peserta kelas VII sudah sedari pagi memenuhi ruangan. Wajah-wajah polos itu begitu antusias mengikuti materi pertama yang mengajak peserta menyelami mimpi-mimpi mereka jika sudah besar nanti. Materi kedua melengkapinya dengan menyajikan kisah-kisah kesuksesan dari seorang Shoichiro Honda pendiri Honda, Kolonel Sanders dengan KFC, dan Thomas Alfa Edison sang penemu lampu pijar.

Peserta sanlat sangat antusias dengan materi yang disajikan. Selain dilengkapi dengan multimedia, komunikasi dua arah yang interaktif antara pemateri dan peserta cukup bisa mencairkan suasana. Nggak heran kalo dari kuisoner yang diisi peserta menunjukkan lebih dari 90 % respon positif dari peserta sanlat. Malah mereka berharap sekolah bisa ngadain lagi. Secara khusus kita ucapkan makasih banyak pada pihak SMP PGRI I Ciawi dan peserta sanlat atas kerjasamanya. Semoga Allah swt menilai kegiatan sanlat ini bagian dari dakwah Islam. Amiin.[]

Pengen liat dokumen foto sanlatnya? silahkan mampir ke SINI

About Hafidz341

Seorang islamic writepreneur yang suka menulis ttg dunia remaja dan Islam. Saat ini memegang amanah Pimpinan Redaksi Majalah Remaja Islam Drise (http://drise-online.com). Selain penulis, jebolan STIKOM Binaniaga Bogor ini juga dikenal sebagai praktisi internet dan sosmed marketing serta owner Ghofaz Computer.

Diskusi

One thought on “Sanlat Ramadhan Ceria SMP PGRI I Ciawi

  1. salam buat mas hafidz yang tulisannya OK2 bgt
    moga Allah slalu memberinya ide2 yang berguna buat bahan tulisannya..

    wa’alaykum salam kata saya, eh kata mas hafidz. makasih banyak atas apresiasinya. kalo sempet, boleh mampir di situs pribadinya mas hafidz di http://www.hafidz341.co.cc
    makasih sebelumnya

    Posted by sultonaminz | 03/11/2008, 09:58

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Follow me on Twitter

%d blogger menyukai ini: