//
you're reading...
Melek I.T

Ngintip ‘Jendela’ Ponsel

mobile operating system[Dimuat di drise #08]. Kebayang nggak kalo komputer atau laptop kita belon punya ‘jendela’ alias Windows, pastinya kita belon bisa manfaatin tuh teknologi. Gak bisa ngetik, ngenet, dengerin musik, atau main games. Emang sih, selain Windows ada makhluk lain sejenis yang dikenal Linux. Tapi kita bukan mau bandingin kedua Operating System (OS) ini. Justru kita mau ngomongin soal OS yang ternyata ngendon juga dalam hape alias ponsel.

Pastinya, lantaran software (perangkat lunak) Sistem operasi yang melakukan manejemen dan kontrol terhadap hardware dan software. Sistem operasi ponsel (mobile operating system) yang bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, schedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya. Kita kenalan yuk dengan beberapa OS Ponsel diantaranya adalah :

Sistem Operasi Symbian

Sistem Operasi Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone. Symbian telah mengalami perkembangan yang drastis dan hingga sekarang tetap menjadi nomor satu untuk OS kategori Smartphone.

Sistem Operasi Windows Mobile.

Windows Mobile adalah sistem operasi yang kompak dikombinasikan dengan sederetan aplikasi dasar untuk ponsel berdasarkan Microsoft Win32 API. Perangkat yang menjalankan Windows Mobile termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan on-board komputer untuk beberapa mobile.

Sistem Operasi iPhone (MAC)

iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol.

Sistem Operasi Mobile Linux.

Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems.

Sistem Operasi Blackberry (RIM)

Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI.

Sistem Operasi Palm

Palm, Inc merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale,California,Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992. Menghasilkan berbagai macam produk perangkat komputer.Dirancang pada tahun 1996 untuk Palm Computing, telah banyak diimplementasikan pada beragam perangkat mobile, termasuk smartphone, arloji, game konsol,pembaca barcode dan perangkat GPS.

Sistem Operasi Android

Android dengan logo uniknya yaitu “Robot Ijo” sebetulnya sudah ada sejak lama, Android adalah Operating System (OS), untuk perangkat mobile (pada Smartphone dan Netbook). OS ini sebenarnya menggunakan Kernel Linux (open source) dan kemudian dikembangkan oleh Google diteruskan oleh Open Handset Alliance. Android diluncurkan pada tanggal 5 Nopember 2007 dengan didukung oleh konsorsium 65 perusahaan hardware, software, dan telekomunikasi. Kini Android OS sudah mulai menyaingi popularitas BlackBerry OS dan iOS. Hal ini karena Android OS menawarkan banyak aplikasi gratis, dan aplikasi berbayar yang tidak terlampau mahal. Selain itu, Android OS siap berkolaborasi pemakaian dengan 57 persen aplikasi gratis yang diperuntukkan bagi Android. Berbeda jauh dengan BlackBerry OS yang hanya menyediakan aplikasi gratis sekitar 24 persen, dan iPhone yang hanya 25% dari total aplikasi.

Sistem Operasi Bada

Bada adalah OS terbaru besutan Samsung. Arti Bada sendiri berasal dari bahasa Korea yang berarti Samudra Dalam. Os Bada ini diumumkan ke khalayak sich kayaknya sekitar November 2009. Nach Samsung Wave adalah Smartphone pertama yang menggunakan OS Bada. Bada dalam Samsung Wave menggunakan sistem TouchWis 3.0 pada layar sentuhnya. Samsung Wave telah dilengkapi dengan layar sentuh dengan resolusi 800×480 pixel. Berita hebohnya ternyata Samsung Wave merupakan ponsel pertama yang telah mendapatkan sertivikasi DivX untuk memutar ulang konten HD 720p. Dalam Samsung Wave Kamera yang dibenamkan adalah 5MP.

Itulah sebagian besar Operating system, yang digunakan beberapa vendor ponsel besar maupun kecil didunia. Pengennya sih kita kenalin lebih dalam satu per satu, tapi berhubung spacenya terbatas kita kasih intronya dulu deh. Sekedar gambaran aja kalo kehadiran OS dalam ponsel kian beragam seiring perkembangan teknologi informasi yang menjanjikan kemudahan dalam membantu kegiatan para pemegang ponsel. Okeh, moga bermanfaat. [341]

sumber: http://hafidz341.com/index.php/teknologi-informasi/artikel/79-ngintip-jendela-ponsel

About Hafidz341

Seorang islamic writepreneur yang suka menulis ttg dunia remaja dan Islam. Saat ini memegang amanah Pimpinan Redaksi Majalah Remaja Islam Drise (http://drise-online.com). Selain penulis, jebolan STIKOM Binaniaga Bogor ini juga dikenal sebagai praktisi internet dan sosmed marketing serta owner Ghofaz Computer.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Follow me on Twitter

%d blogger menyukai ini: